Friday, December 30, 2016

Komponen Perangkat Input


Perangkat Input

      Perangkat input komputer ( perangkat masukan atau input devices) adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data & perintah kepada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Beberapa perangkat masukan tersebut adalah :

     A. Keyboard

        Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

     Jenis-Jenis Keyboard :
        1.) QWERTY
        2.) DVORAK
        3.) KLOCKENBERG


     B. Mouse
     
        Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.


     C. Touchpad
        Biasa dijumpai pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


     D. Joy Stick dan Games Paddle

        Biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.


     E. Mikrofon

        Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Mikrofon juga bisa membantu kita untuk membuat video untuk youtube, film, dan lain-lain


       Jadi, perangkat input komputer adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data dan memberikan perintah kepada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut.
Contoh alat yang berfungsi sebagai media input diantaranya Keyboard, Mouse, Touchpad, Joy Stick, Mikrofon, dan lain-lain.


EmoticonEmoticon

Kategori